Translate

Minggu, 26 Mei 2013

REVIEW HAMMERSONIC Fest 2013

HAMMERSONIC FEST 2013



Setelah sukses dengan HAMMERSONIC 2012, tahun ini kembali salah satu pesta metalheads terbesar di indonesia bahkan di Asia Tenggara yaitu HAMMERSONIC Fest kembali diadakan. Dengan venue berbeda dan bisa dibilang lebih mewah karena berada di tengah2 komplek hiburan taman impian jaya Ancol jakarta, festival metal ini pun kembali diselenggarakan. Saya pun akan berbagi pengalaman dan meriview sedikit event HAMMERSONIC tahun ini saat saya menikmati pesta ini bersama kawan-kawan metalheads yang datang.


Tiket :
Mungkin hal pertama yang selalu dipikirkan para teman-teman metalheads saat akan adatang kesuatu event metal, seperti tahun sebelumnya, pihak penyelenggara selalu membuka pemesanan tiket online sebelum hari H, karena ada yg berbeda dari tahun kemarin, untuk tahun ini HAMMERSONIC diselenggarakan selama 2 hari (sabtu/27 & minggu/29 april). Saya yang nekat datang tanpa persiapan karena awalnya saya tidak bisa datang karena terbentur kesibukan kerja akhir nya bisa datang di venue pada hari minggu nya. Saat itu saya membeli tiket OTS yang dibanderol seharga 300 ribu yang belum termasuk pajak 10%, jadi total saya merogoh kocek untuk tiket saat itu sebesar 330 ribu rupiah. Yah lumayan membuat lembaran-lembaran merah dalam dompet saya berkurang, tapi pasti lembaran rupiah itu setara dengan penampilan band2 favorit saya yang tampil saat itu.

Venue :
Yah karena memang konsep awal HAMMERSONIC tahun ini bisa dibilang cukup berbeda dibandingkan tahun kemarin karena tahun ini berlangsung 2 hari maka menurut saya panitia penyelanggara sangat bersiap-siap sekali sehingga ECO Park ancol lah yang menjadi tempat hajatan pesta metalheads ini pada tahun 2013 ini saya rasa cukup tepat. Memang karena letak nya yang berada di dalam komplek taman impian jaya Ancol saya yang saat itu berangkat membawa mobil dengan teman-teman saya harus merogoh rupiah lebih untuk biaya masuk kendaraan dan orang di Ancol, tapi saya rasa itu masih masuk akal karena saya tidak perlu khawatir dengan kendaraan saya yang diparkir.
Didalam venue... kita harus berjalan dari open gate tempat checking body skitar 100m kurang lebih untuk sampai ke lapangan utama. Tempat shalat, kamar mandi, beer area, dan food court pun tersedia di dalam venue jadi tidak perlu keluar venue untuk mencari makan ataupun beribadah (karena memang tidak diijinkan keluar dari venue bila sudah di dalam venue) , yah walau pun saya rasakan saat akan sholat agak sedikit kerepotan karena tempat wudhu yang becek dengan tanah karena air dari keran saat wudhu sehingga saya harus berhati-hati agar tetap bersih. Mungkin teman-teman bertanya apakah disediakan tempat charger... yah sama seperti tahun kemarin, tidak ada tempat charger dalam venue, maka dari itu saya sudah persiapkan dengan membawa power bank. Rumput lapangan dalam venue’a pun sendiri saya rasa bersih dan cukup nyaman berbeda dari rumput lapangan D senayan tempat HAMMERSONIC tahun kemarin, maka tidak sedikit metalheads yang dengan santai nya tiduran diatas rumput venue ditambah rindang nya pepohonan di sekitaran stage membuat teman-teman metalheads yang lelah atau panas karena terik matahari bisa berteduh di rindang nya pepohonan tersebut.


Panggung, Sound, tata lampu :

Yah untuk panggung saya rasa tak ada perbedaan mencolok dari HAMMERSONIC tahun kemarin. Panggung yang digunakan masih berjumlah 2 panggung (stage Hammer & stage Sonic), namun menurut saya untuk luas panggung saya rasa masih lebih besar panggung saat HAMMERSONIC tahun kemarin di Senayan dan screen (layar) panggung pun lebih besar saat HAMMERSONIC tahun kemarin.

untuk sound, mungkin ini yang cukup mencolok menurut saya dan teman – teman saya rasakan saat hadir di HAMMERSONIC pada hari kedua (minggu/28) karena saya merasakan sering terjadi trouble pada sound saat band sedang perform, terutama saat band AUROBOROS main pada sore hari, mic yang digunakan vocalist AUROBOROS sempat harus diganti beberapa kali karena mic nya mengalami kendala (mati suara).
Untuk set lampu/lighting panggung saya rasa masih seperti tahun kemarin, set lampu panggung masih sesuai dengan luas panggung yang ada sehingga terasa mewah dan mendukung saat band perform,.


Rundown :
Tak ada perubahan berarti dari sistem rundown di HAMMERSONIC 2013. Hanya saja yang saya lihat untuk soal ketepatan waktu saya merasa masih lebih baik HAMMERSONIC tahun kemarin, di HAMMERSONIC tahun ini ada beberapa band yang telat perform sehingga terjadi jeda saat band di panggung yang lain selesai perform namun itu hanya terjadi pada beberapa band saja.

Ketertiban & keamanan :
Yah HAMMERSONIC memang sebuah event internasional, jadi jangan pertanyakan lagi soal keamanannya, untuk masalah parkir kendaraan saya rasa tahun ini lebih baik dan sangat nyaman karena bertempat di eco park yang mempunyai parkiran kendaraan yang cukup luas dan segi keamanan yang lebih baik di banding saat di Senayan tahun kemarin. dari saat pertama masuk open gate kita sudah memasuki body checking, yah seperti biasa tas dan barang bawaan kita diperiksa baik dengan tangan maupun metal detector, dan di dalam venue pun pihak keamanan selalu stand by untuk menjaga ketertiban sehingga saat acara di mulai sampai berakhir saya tidak menemukan ada nya kekacauan di sekitaran stage maupun di area moshpit.

Kesimpulan :
Menurut saya dan teman – teman saya yang hadir saat HAMMERSONIC fets 2013 di hari kedua (minggu/28) , pesta metalheads tahun kedua ini terasa lebih mewah dan lebih nyaman, jika di lihat dari segala aspek mungkin saya akan tetap mengacungkan 2 jempol saya untuk event ini, karena event ini sangat mengagumkan dan menurut saya menunjukan progres yang sangat baik dari segi jumlah band yang ikut andil di event ini, terbukti dengan berhasil nya HAMMERSONIC mendatangkan raksasa black metal dari UK (inggris) CRADLE OF FILTH dan sesepuh death metal OBITUARY di hari pertama dan band-band raksasa metal lain nya seperti DYING FETUS, EPICA, DESTRUCTION, LOCK UP, CANNIBAL CORPSE dan masih banyak lagi. Dan mungkin datang ke event ini adalah suatu pengalaman yang mungkin tak bisa dilupakan, overall HAMMERSONIC tetap menjadi pesta tahunan yang mengagumkan, megah nya set venue, panggung, lighting dan sound, semangat dan gelora para penonton yang tak kenal lelah, perform hebat dari band-band yang hadir menjadi kan event ini menjadi event yang patut di hadiri setiap tahun nya.

Untuk teman – teman yang tak berkesempatan hadir di HAMMERSONIC Fest 2013 ini jangan berkecil hati dulu karena tepat sebelum CRADLE OF FILTH naik ke atas panggung, om Krisna J Sadrach (bassist sekaligus vocalist SUCKERHEAD) selaku perwakilan dari panitia penyelanggara HAMMERSONIC menyatakan akan kembali diselenggarakan nya HAMMERSONIC di tahun 2014, jadi... see u next year on HAMMERSONIC Fest

berikut sedikit foto-foto yang sempat saya ambil di HAMMERSONIC 2013.

 pintu masuk ECO PARK 


AUROBOROS


REZUME


PUTRID PILE


DOWN FOR LIFE


HELLCRUST


MOSHPIT AREA


BREAK MAGHRIB


GOROD


AS I LAY DYING


DESTRUCTION


PANITIA PENYELENGGARA


RIUH KERAMAIAN MENJELANG CRADLE OF FILTH


CRADLE OF FILTH


CRADLE OF FILTH

mohon maaf bila gambar kurang memuaskan karena hanya di ambil menggunakan kamera digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar